Apa sih SSD? Bedanya apa sama Hardisk??

   Halo semua... Kali ini saya ingin membahas tentang SSD sebuah media penyimpanan yg mirip dengan hardisk.. Sama-sama media penyimpanan.. Tetapi kenapa sih SSD ini wajib di zaman sekarang? Ayo kita pelajari sekarang..

SSD (Solid State Drive)

   SSD kepanjangan dari Solid State Drive atau juga bisa disebut media penyimpanan yang menggunakan chip atau IC sebagai tempat untuk menyimpan datanya.

   Jika kalian tau HDD atau hardisk biasa yang sering ditemui di laptop maupun komputer masih menggunakan piringan sebagai tempat untuk menyimpan datanya, jadi apabila Hardisk tersebut terkena guncangan yang berat akan membuat Hardisk tersebut menjadi corrupt data. Berbeda dengan SSD yang menggunakan chip jadi data kita lebih aman.

   Oke tau kan sekarang bedanya hardisk biasa dengan SSD? Sekarang baru deh kita masuk ke alasan kenapa SSD penting di zaman sekarang.

1. Tidak mudah rusak

   Seperti alasan diatas.. SSD ini tidak cepat rusak karena dia memakai chip untuk menyimpan datanya.. biasanya SSD sudah dibekali Shock Resistant atau tahan terhadap guncangan jadi aman kalo kalian lari dikejar anjing sambil membawa laptop

   Masalah yang biasa ditemui SSD mungkin materialnya yang masih menggunakan plastik jadi kalian harus berhati-hati saat membautkannya ini berlaku untuk SSD Sata ya.

2. CEPAT

   Kemampuan membaca dan menulis SSD diatas angin jauh lebih cepat daripada Hardisk biasa tak heran jika kamu biasa menggunakan hardisk lalu ganti ke SSD kamu akan merasakan performa laptopmu menjadi lebih cepat.. Seperti dalam hal menginstall, booting, mencopy data, dll.


3. Banyak Varian

    Banyak varian dari SSD berikut adalah listnya:

   1. SSD SATA


      SSD SATA ini memiliki ukuran yang sama dengan Hardisk pada laptop jadi untuk kamu yang memakai laptop seri lama bisa menggunakan SSD ini karena slotnya sama yaitu SATA, begitu juga dengan komputer bisa dipakai ko SSD SATA ini.

   2. SSD M.2 MVME


       SSD M.2 NVME ini mirip seperti RAM tapi kuningannya berada disamping, SSD ini hanya bisa digunakan untuk Mobo laptop yang sudah support atau tersedia slot M.2 NVME aja nih.. Jadi sudah dapat dipastikan laptop keluaran lama atau mobo komputer lama tidak bisa menggunakan SSD ini.
   
  

   3. SSD EXTERNAL/ PORTABLE



       SSD eksternal/portable ini mirip dengan hardisk external ya cara penggunaanya, SSD ini portable bisa dibawa kemana aja dan dia tinggal colok aja ke laptop atau komputermu.

   4. SSD PCI EXPRESS


    Untuk SSD ini saya belum banyak tau sih yang jelas dia menggunakan port PCI express yang ada pada komputer.

     Okee gimana nih? Tertarik buat ganti SSD? Segitu aja ya penjelasannya, karena masih banyak kekurangan tolong ya kakak-kakak yang tau bisa dijelasin di kolom komentar atau juga yang mau nanya bisa komen ya di kolom tersebut, fahrul pamit dadah.
     
    

Comments

Popular Posts